Desain Produk

Berita

Cari tahu informasi terbaru dari S1 Desain Produk disini

Berita

Cari tahu informasi terbaru dari S1 Desain Produk disini

Halo dunia!

Halo dunia!

Welcome to Institut Teknologi Telkom Purwokerto Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Partisipasi Mahasiswa dan Dosen IT Telkom Purwokerto Pada Pameran Digital Desain Produk Indonesia

Mahasiswa dan dosen Program Studi Desain Produk Institut Teknologi Telkom Purwokerto berpartisipasi dalam acara bergengsi, Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-4 dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Forum Prodi Desain Produk pada 13-14 Oktober 2023.

LIVE IN THE COMMUNITY: Kegiatan Belajar di Luar Kelas dan Aksi Inspiratif Sadar Lingkungan

Bumi tempat kita tinggal saat ini sudah semakin tak bersahabat untuk dihuni. Banyak bencana yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari keserakahan manusia itu sendiri. Problema pertumbuhan penduduk, ketersediaan pangan, kerusakan alam akibat pola industri yang tak terarah, permasalahan cadangan energi yang makin menipis, serta berbagai isu seputar lingkungan yang makin meresahkan keberlanjutan kehidupan umat manusia.

Produk Fungsional dari Kardus dengan Sentuhan 10 Prinsip Good Design Dieter Rams

Merancang produk fungsional dari kardus merupakan tugas Studio Perancangan pertama yang diberikan kepada mahasiswa tingkat 2, Desain Produk IT Telkom Purwokerto. Di sini kami belajar bahwa desain produk yang baik bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang bagaimana produk itu bekerja dalam kehidupan kita sehari-hari. Kardus, meski terlihat sederhana, sebenarnya memiliki banyak potensi untuk menjadi produk fungsional yang keren dan berguna. Yuk, kita lihat bagaimana 10 prinsip desain baik dari Dieter Rams bisa diterapkan pada produk dari kardus!

Mau Jadi Desainer? Wajib Kenalan dulu sama NIRMANA

Sebelum kalian kuliah di prodi Desain Produk, ada baiknya kalian mengenal tentang matakuliah yang satu ini. Mata kuliah nirmana adalah salah satu matakuliah yang menjadi “momok” bagi Sebagian besar mahasiswa Desian dan Seni rupa. Kenapa begitu? Karena mata kuliah ini dikenal dengan tugasnya yang sangat banyak dan image begadangnya. Kalian akan langsung bertemu dengan matakuliah ini bahkan Ketika kalian baru menjadi Maba, karena matakuliah ini akan muncul di semester awal. Eits, tapi jangan takut dulu, yuk mengenal nirmana lebih dekat agar kalian lebih sayang. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang.

Kolaborasi dengan Balai Pemberdayaan Industri Alas Kaki Indonesia-FRID​

Kolaborasi antara akademisi, komunitas, dan lembaga pemerintah merupakan strategi yang penting urgensinya dalam upaya mengoptimalkan peran institusi pendidikan tinggi bagi masyarakat luas. Berpijak pada pandangan tersebut, Prodi Desain Produk ITTP menginisiasi kegiatan kolaboratif antara Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID), Komunitas UKM produk kulit Purwokerto, dan Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI).

Praktisi Mengajar 2022: Despro ITTP X Desainer In-Land Cofibre Belanda​

Halo! Diantara pembaca pasti pernah mendengar tentang Praktisi Mengajar, sebuah program kolaborasi praktisi dan akademisi untuk mendidik para pemimpin masa depan. Pada pelaksanaan perdana Praktisi Mengajar kali ini, Despro ITTP turut berpartisipasi dan mengajak seorang desainer produk profesioanal untuk memberikan materi perkuliahan pada mata kuliah Desain Produk 1 (DP 1). Adapun program Praktisi Mengajar 2022 merupakan bagian dari program Kampus Merdeka.

Praktisi Mengajar 2023: Despro ITTP X UX Designer Telkomsel

Pendidikan tinggi adalah wadah penting bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka. Tidak hanya bergantung pada materi pelajaran di dalam buku, tetapi juga pada pengalaman dunia nyata yang dibawa oleh praktisi di lapangan. Sebagai langkah progresif, kegiatan “Praktisi Mengajar” dalam mata kuliah Design Thinking telah menghadirkan kesempatan berharga bagi mahasiswa semester genap angkatan 2022 untuk menjelajahi konsep-konsep kreatif dalam pengembangan produk dan layanan. Dalam mata kuliah Design Thinking yang dipandu oleh dosen pengampu, Emmareta Fauziah, M.Ds., dan dibantu oleh Ahmad Arida, seorang profesional desainer UX, terbentuklah semangat inovasi dan kolaborasi.

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Prodi Desain Produk IT Telkom Purwokerto Lakukan Benchmark ke Universitas Kristen Duta Wacana

Program Studi Desain Produk Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) melakukan benchmarking dengan Program Studi Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran (26/6/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan program studi, standar industri, dan program keunggulan Desain Produk UKDW sebagai pembanding terhadap sistem pengelolaan mutu pendidikan desain produk.

 

Belajar Mendesain, Belajar Menggambar

  Dalam menjalani hidup sehari-hari, pada setiap waktu dan kegiatan kita melihat pelbagai benda di sekitar. Mulai dari bangun tidur karena bunyi alarm di gawai maupun jam weker hingga kita berangkat menjalani berbagai aktivitas. Setiap benda yang kita gunakan memiliki fungsinya masing-masing. Benda-benda tersebut didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan suatu kegiatan bagi penggunanya. Lantas apa itu desain? Merujuk pada Kamus Oxford, desain didefinisikan sebagai gambar atau rencana terhadap sesuatu memungkinkan untuk dibuat. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) desain diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

Karya Mahasiswa Desain Produk IT Telkom Purwokerto Tampak Menawan dalam Pameran CODA Perdana di PDIN Yogyakarta

Semarak kekreatifan dan inovasi menyinari panggung Pameran CODA (Community of Design & Architecture) di PDIN (Pusat Desain Industri Nasional) Yogyakarta. Tanggal 16-26 November 2023, mahasiswa Desain Produk dari IT Telkom Purwokerto menampilkan karya-karya unik, di antaranya Bills karya Nia DP 2021, Smart Bubu Lamp karya Zayyan dan Deta DP 2021, Dompet Kulit hasil kolaborasi dengan IKM Nunwafa, Purwokerto serta berbagai karya pengolahan material dan proses.

Program Studi Desain Produk IT Telkom Purwokerto Gelar Kuliah Umum Bersama Praktisi

Program Studi Desain Produk Institut Teknologi Telkom Purwokerto gelar kuliah umum berjudul “Packaging Design” dengan narasumber Sri Julianti yang merupakan seorang Independent Packaging Consultant and Trainer.

Kuliah Umum ini digelar 2 kali pertemuan dengan tema “Packing Design : Inside The Industry and Business Feasibility”, diikuti oleh mahasiswa S1 Desain Produk dan S1 Desain Komunikasi Visual IT Telkom Purwokerto.

Merayakan Setahun dan Mulai Belajar Bertumbuh

Selamat ulang tahun Despro (Desain Produk), semoga menjadi tempat menuai banyak kebahagian bagi penghuninya. Lahir tepat satu tahun yang lalu, 10 Juni 2021, Despro Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menerima mahasiswa baru pertama sebanyak 18 orang dengan 3 dosen homebase, Bu Emma, Bu Rizna dan Pak Windy.